SAVE POLRI BLOG DETIK

Hakim Sarpin: Penetapan Tersangka Masuk Objek Praperadilan

16 Feb 2015 - 11:25 WIB

Hakim Sarpin: Penetapan Tersangka Masuk Objek Praperadilan

Jakarta - Sidang permohonan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) dengan agenda putusan masih berlangsung. Hakim tunggal Sarpin Rizaldi mengatakan penetapan sah atau tidaknya penetapan tersangka masuk dalam objek praperadilan.

“Pengadilan memutuskan penetapan sah atau tidaknya tersangka merupakan objek praperadilan,” ucap hakim Sarpin dalam sidang di Pengadilan Negeri Jaksel, Jl Ampera Raya, Senin (16/2/2015) pukul 10.00 WIB.

Hakim Sarpin mengatakan, termohon (KPK) dalam jawabannya menyatakan penetapan tersangka terhadap Komjen BG bukan merupakan upaya paksa karena sampai sidang praperadilan dilakukan belum ada upaya paksa seperti penggeledahan, penangkapan dan penyitaan rumah.

Namun hakim Sarpin menyatakan dalam upaya penyidikan yang dilakukan oleh penyidik dan penuntutan yang dilakukan penuntut umum merupakan upaya paksa karena di dalamnya ada label projustisia.

“Upaya penyidikan dalam penyidikan dan penuntutan oleh penuntut umum adalah upaya paksa karena ada label projustia,” katanya.


TAGS   hakim sarpin /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive