SAVE POLRI BLOG DETIK

Presiden SBY: Keberhasilan Polri Kurang Dihargai

26 Jan 2015 - 03:58 WIB

d493db3e375d620deb5310d318cd5e4b_screen-shot-2015-01-26-at-35634-am

Politikindonesia - Di hadapan para pimpinan Polri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan agar dalam menghadapi berbagai kritik dan hujatan, jajaran kepolisian harus bersifat jernih, rasional, tenang, dan tidak emosional. Kepolisian juga harus melakukan evaluasi, termasuk introspeksi untuk mencari kekurangan-kekurangan saat mengemban tugas. Jika memang ada kekurangan, maka Polri sebagai bagian dari komponen bangsa diminta memperbaikinya. Pesan itu disampaikan Presiden SBY saat membuka Rapim Polri di Mabes Polri, Jakarta Senin (08/02).

Presiden SBY meyakini kritik sebagai obat. Karena itu, obat seharusnya diberikan untuk menyembuhkan penyakit sesusai dosis. “Tapi kalau obat keliru, dosis tak tepat, malah menambah penyakit,” tambahnya.

Presiden memberikan enam instruksi untuk dilaksanakan Polri. {Pertama}, terus melakukan konsolidasi reformasi dan peningkatan kinerja. {Kedua}, menjalankan tugas secara profesional sesuai dengan UUD, UU, dan peraturan yang berlaku. {Ketiga}, terus menjaga Kamtibmas. {Keempat}, menegakkan hukum dan memerangi kejahatan, termasuk di dalamnya kejahatan pajak.{Kelima}, terus meningkatkan dukungan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. {Keenam}, harus menjaga norma, etika, dan perilaku yang menunjukkan sebagai sosok yang profesional.

Di akhir sambutan, Presiden SBY mengakui jasa dan pengabdian kepolisian Repulik Indonesia kerap dilupakan, bahkan bisa dibilang kurang dihargai. Padahal menurut presiden, Polri telah berhasil dalam membongkar beberapa sindikat narkotika yang dampaknya luar biasa terhadap rakyat. Polri juga dinilai telah berhasil memberantas terorisme tanpa ada pertumpahan darah. Juga dinilai berhasil dalam menjalankan tugas khusus seperti Operasi Ketupat ketika mengamankan Idul Fitri, Operasi Lilin mengamankan Natal dan Tahun Baru.

Meski demikian katanya, tak menutup kemungkinan adanya kesalahan yang dilakukan institusi penegak hukum itu. ?Sebagai organisasi, Polri, ada kelemahan dan itu harus diperbaiki. Namun hal itu bukan berarti masyarakat tidak bisa bermurah hati untuk mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas tugas polisi selama ini,? ujarnya


TAGS   polri / jasa polri / keberhasilan polri / save poori / save polri /


Comment

Author

Recent Post

Recent Comments

Archive